Tentu kita pernah merasakan betapa sebelnya apabila keberangkatan kita delay,.. sungguh menyebalkan !! Apalagi sampe ber jam2..!! Wah gak baget deh... sob !! . Pernah ane dari jogja ke bangka sampe delay 12 jam,,jdi seharian deh di ruang tunggu,,, huuhhhhf.. capee deeeh :(( . Apalagi untuk orang2 yng berbisnis dan harus tepat waktu,,atau ada hal mendesak dan penting yang mengharuskan kita untuk datang pada waktu yg telah ditentukan,,,. Semoga ini jadi pelajaran buat kita semua sob ^^.
Jadi, kita sebagai konsumen harus tahu hak2 bila pesawat delay !!,, berhubung ane kuliah di slah satu sekolah yng berorientasi ke ilmu penerbangan,, ane mau sharing buat ente2 semua wahai sahabat blogger,..^^.
Oke,,mari kita kemon ^^.. cekidot,..!! :
Penumpang pesawat terbang paham akan kewajibannya termasuk harus mengikuti segala prosedur yang ditentukan oleh maskapai. Lantas apa saja hak hak penumpang apabila pihak maskapai mengalami keterlambatan atau delay? Berikut ini beberapa Kompensasi yang wajib diberikan oleh maskapai penerbangan kepada penumpang sesuai peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM 25 Tahun 2008
-- Keterlambatan penerbangan 30-90 menit maka airlines (maskapai penerbangan) wajib memberikan minuman dan makanan ringan.
-- Keterlambatan 90-180 menit maka airlines wajib memberikan minuman, makanan ringan, makan siang atau makan malam dan memindahkan penumpang ke penerbangan berikutnya atau ke perusahaan penerbangan berjadwal lainnya, apabila diminta oleh penumpang.
-- Keterlambatan penerbangan lebih dari 180 menit maka airlines wajib memberkan minuman, makanan ringan, makan siang atau makan malam dan apabila penumpang tidak dapat dipindahkan ke penerbangan berikutnya atau ke perusahaan penerbangan berjadwal lainnya, maka kepada penumpang wajib diberikan fasilitas akomodasi untuk dapat diangkut pada penerbangan hari berikutnya.
-- Pembatalan penerbangan: airlines wajib mengalihkan penumpang ke penerbangan berikutnya dan apabila tidak dapat dialihkan ke penerbangan berikutnya atau ke perusahaan penerbangan berjadwal lainnya, maka kepada penumpang wajib diberikan fasilitas akomodasi untuk dapat diangkut pada penerbangan hari berikutnya.
-- Apabila penumpang menolak diterbangkan akibat keterlambatan lebih dari 180 menit atau akibat pembatalan penerbangan maka airlines wajib mengembalikan harga tiket yang telah dibayarkan oleh penumpang kepada perusahaan penerbangan. (keterlambatan yang dimaksud apabila akibat kesalahan perusahaan penerbangan).
Namun demikian, ada maskapai yang memberikan kompensasi lebih baik dari ketentuan tersebut demi meningkatkan pelayanan kepada penumpang.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk diketahui..:) ,,, oke sob,,,, yuk mareeee ^^ .
13 komentar:
wah bagi yg sering traveling mesti tau ni hak2 nya....
wah penting ni artikel, cateeet, apalagi bsok sy mau syuting di hongkong maen film sm jet lee, wkwkwkwwkwkwkwkwk =)) ngakak guling2 ...
baru tau nih...
ga pernah naek pesawat sih... XP
hihihi
makasih kawan hak2nya...
jadi update lah ni otak.. he..
happy blogging...^^
nice info sobat
sip dech !!! itung-itung buat besok kalau bisa naik pesawat, doakan ya ya, suwun
thank for share...
wah makin mengerti...
siapa tau dapat kejadian sperti itu...
alhamdulillah selama ini lancar'' aj...
@Macam2 Info
iya sob,,,jgan seenaknya aj,,^^
@Nuu
oke oke,,,sama2 sob,,hehehe
@anggasona
hehehee... kampreeeeeeeeeeeeeeet,..^^
@anak nelayan
seeep..^^,,thanks :)
@etam grecek
oke bang,,,, mantab,,, mudah2an tak sering terjadi:)
@suwune
amiiiiiiiiiiiiiin,,,hehe
blm pernah sih naik pesawat, tp bagus jg tuh kebijakan yang diberikan sama maskapai penerbangan buat penumpangnya, biar ga kecewa mereka nya
@oempak
yoi bang,,,tul sekaleeeee,,,, ^^
wah bener bgt tuh Sob.. aku juga paling sebel tuh klo pake segala delay.. apalagi klo urusan penerbangannya karna kerjan wah paling2 deh tuh...
tp ngomongin sekolah penerbangan.. aku jadi inget temenku yg meninggal Sob.... mungkin denger beritanya yg di curug..........smoga arwahnya tenang dipangkuan Tuhan....
Semangat n met aktivitas...
@Ferdinand
waduh,,,,,,tuh teman ente sob ?? ane pas KP/magang di ANI tuhh,,,malah ngeliat kejadiannya kita sob,,,, ngelayat juga,,,hiks hiks,,,:)
aku belum pernah naik pesawat sob, naik kereta api aja lum pernah.. kalo naik angkot sering sob, sering delay juga dipasar..
kira2 peraturannya sama g ya dengan delay pesawar.. wkwkwkwk :D
Posting Komentar
NO SPAM NO SARA !!! Terima Kasih.