ROKOK !! [Bahaya, Cara Meredam dan Obatnya]

Sebelumnya ane minta maaf kepada teman-teman blog semua karena beberapa hari ini ane tidak bisa mengunjungi blog kalian dikarenakan koneksi jaringan sangat-sangat minim alias lemot bin merayap.,hehe. Rasanya sangat gatal untuk berkomentar di postingan baru teman-teman semua. Tapi apa daya ane tidak bisa berbuat apa-apa, hanya bisa membuka blog sendiri dan editannya, itupun harus menunggu waktu loadingnya lama sekali, jadi ane minta maklumnya yah,,hehehe.

Disamping lemot, namun jiwa blogging nya kuat sekali, akhirnya beberapa hari ini ane bertekat untuk melakukan postingan walau harus menunggu lama. Kali ini ada informasi dan tips untuk teman-teman, pernah terdengar bahwa adanya rokok elektrik bukan? yah,,rokok yang katanya tidak mempunyai asap pada saat dihisap. Tapi apakah teman-teman tau faktanya bahwa rokok elektrik ini ternyata lebih berbahaya ketimbang rokok biasa,. kenapa? Mungkin kutipan artikel dari vivanews ini dapat membantu kita semua.

  • Kandungan rokok biasa.

  • Rokok elektrik lebih berbahaya ketimbang rokok biasa ?

Anggapan orang yang selama ini menyatakan rokok elektrik lebih sehat daripada rokok biasa ternyata salah. Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI Kustantinah menjelaskan, rokok elektrik lebih berbahaya daripada rokok yang dibakar biasa. Kandungan propilen glikol, dieter glikol dan gliserin sebagai pelarut nikotin ternyata dapat menyebabkan penyakit kanker.

"
Mungkin orang beranggapan rokok elektrik hanya mengandung nikotin, dan kalau rokok biasa ada bahan-bahan lainnya," kata Kepala BPOM RI Kustantinah di Jakarta, Jumat, 13 Agustus 2010.

Kustantinah menjelaskan dalam rokok elektrik terdapat nikotin cair dengan bahan pelarut
propilen glikol, dieter glikol ataupun gliserin. Jika nikotin dan bahan pelarut ini dipanaskan maka akan menghasilkan nitrosamine. "Senyawa nitrosamine inilah yang menyebabkan penyakit kanker."


Kustantinah menambahkan, semua rokok elektrik yang beredar di Indonesia adalah ilegal dan berbahaya bagi kesehatan. Di seluruh dunia, ia juga mengungkapkan, tidak ada negara satupun yang menyetujui rokok elektrik. Bahkan di beberapa negara seperti Australia, Brazil dan China rokok elektrik dilarang.

"
Padahal negara China yang menemukan rokok elektrik pada 2003. Namun, pemerintah China sudah melarang peredarannya," katanya menjelaskan.

Untuk itulah BPOM bersama Kementrian Kesehatan, Kementrian Industri dan Kementrian Perdagangan akan mengkaji lebih dalam tentang rokok elektrik. "
Rokok elektrik tidak akan pernah didaftarkan, disetujui dan akan dilarang di Indonesia," ujarnya.

  • Dengan adanya artikel diatas, semoga bisa mencerahkan pikiran kita anggapan salah kebanyakan orang dengan rokok elektrik tersebut. Tapi tenang teman-teman ane juga ada tips nya bagi teman-teman yang ingin mengurangi rokok.^^.

  • Tips Meredam mengkonsumsi Rokok

Saat memutuskan melakukan perubahan gaya hidup seperti berhenti merokok, banyak orang mencoba menyibukkan diri agar terhindar dari godaan. Cara ini memang efektif meredakan hasrat merokok, tapi hanya sesaat. Bagi orang yang berkeinginan meninggalkan rokok, perubahan harus terjadi dari dalam dan luar. Perilaku luar dan pikiran harus dicocokkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


  1. Menurut pakar kesehatan di Klinik Mayo, setelah berhenti merokok, Anda perlu mengubah rutinitas selama menjalani masa transisi gaya hidup baru. Anda juga perlu mengikutsertakan kondisi internal agar tak mudah kembali pada gaya hidup tak sehat.
  2. Saat-saat awal memang sulit. Namun, biarkan diri merasakan ketidaknyamanan itu. Jangan terburu-buru merasa telah berhasil. Sebab, banyak orang yang berhasil pada awalnya, namun tidak dapat mempertahankan ritme untuk terus menghindari rokok. Inilah yang menyebabkan kebiasaan buruk itu kembali lagi.
  3. Atur sebuah perubahan jadwal dalam agenda harian dengan memperpanjang waktu rutinitas saat mandi air panas. Dengarkan musik easy listening (lembut) dan biarkan pikiran merasa tenang dan damai. Selama relaksasi, Anda dapat mengubah paradigma dan mengukuhkan alasan Anda harus berhenti merokok.
  4. Selain itu, dianjurkan makan menu buah-buahan yang mampu melunturkan racun penyebab kecanduan rokok. Berolah raga secara rutin, menurut ahli, mampu mengaktifkan tubuh dan menghilangkan racun melalui keringat. Setelah berhasil melalui masa transisi, pertahankan gaya hidup sehat agar tak lagi menggantungkan diri pada rokok
Beberapa tips diatas semoga dapat membantu teman-teman untuk meredam mengkonsumsi rokok. Tetapi dengar-dengar sejumlah tim dokter telah menemukan obat untuk orang-orang yang memang benar-benar berhenti merokok.

  • Obat Anti Ketagihan Merokok

Menghentikan candu rokok bukan hal mudah. Tingkat kesuksesan dipengaruhi seberapa besar ketergantungannya pada nikotin. Semakin tinggi tingkat candunya, semakin membutuhkan perjuangan ekstra. Nikotin merupakan zat adiktif yang menimbulkan candu 5-10 kali lebih kuat dibandingkan morfin dan kokain. Nikotin dapat menimbulkan efek psikoaktif yang mempengaruhi aktivitas mental dan perilaku.

Perokok dengan tingkat kecanduan sedang dan tinggi membutuhkan terapi khusus oleh dokter. Meski demikian, ada sebagian orang yang bisa berhenti merokok tanpa bantuan dokter. Terapinya cukup beragam. Yang pasti, para perokok ditanamkan motivasi dan persepsi. "
Motivasi diberikan bukan dengan cara memaksa, dan persepsi pasien diperbarui sehingga memiliki cara pandang yang baru tentang rokok," kata dr Tribowo T Ginting SpKJ, dari klinik berhenti merokok, Rumah Sakit Persahabatan Jakarta.

Dokter juga akan memberikan obat
Verenicline Tartrate untuk mengatasi ketagihan nikotin. Obat yang disebut nicotic acetylcholine itu merupakan obat non-nikotin pertama yang secara khusus diciptakan bagi mereka yang ingin lepas dari candu rokok. Obat tersebut secara spesifik bekerja pada reseptor nikotin yang terdapat di otak dengan menurunkan gejala ketagihan (craving) dan putus zat (withdrawal), serta mengurangi rasa nikmat yang ditimbulkan rokok.

"Verenicline Tartrate diberikan disertai dengan terapi oleh dokter. Cocok untuk perokok yang kadar ketagihan nikotinnya sangat tinggi. Penelitian di warga Asia, tepatnya di Korea dan Taiwan menunjukkan kalau obat ini sangat efektif," kata dr Aulia Sani SpJP(K), saat ditemui di acara peluncuran kampaye berhenti merokok oleh Pfizer, di Jakarta, 26 Mei 2010.


Obat berbentuk tablet ini dapat diminum dengan atau tanpa makanan. Obat ini tergolong obat yang harus diresepkan oleh dokter. Jadi, tidak bisa didapatkan secara bebas karena harus disertai terapi oleh dokter.





  • Banyak juga ternyata, tapi mungkin ini sangat berguna sekali bagi duni kesehatan kita . Ane juga perokok sih, cuma gak banyak-banyak amat paling juga dikit, hehe. Tapi untuk kesehatan ane wajib sharing untuk teman-teman semua.

Mungkin sekian dari ane. Semoga bermanfaat !!! ^^.





Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Elvindinata BLog di inbox anda :

Delivered by FeedBurner

Baca Juga Yang Lainnya



16 komentar:

bippi mengatakan...

mantep nie infonya...ane juga kepengen berenti ngerokok tapi belum bisa, alhasil cuma bisa ngurangin konsumsi rokok doank. Trims infonya sob

Akoey mengatakan...

aduh kalo dah lihat bahayanya aja, ngeri sob.. tp tetep aja ngebul.. hehe.. tp kan ada rokok terapi Sob..
btw thanks deh dah ngingetin akan bahaya rokok n tipsnya . :-)

Unknown mengatakan...

Syukurlah saya tidak merokok sahabat, jadi aman-aman saja nih,,,,,,

deny mengatakan...

yah..paling cuma klo lagi puasa gini agak dikurangin ngerokoknya, :D
wah...klo saya lagi nyervice hp gak pke rokok stress kawan,pernah coba gak pke rokok malah pusing,hahaha

penghuni60 mengatakan...

blh juga tuh tipsnya,
tp aku bkn perokok sob...
nice post

met weekend ya...

Science Box mengatakan...

say "NO" to rokok
"SEKARANG!!!"
:)

Wis Chain mengatakan...

Utungnya aku dah bisa berhenti ngrokok..,
bagus juga nih artikel :D

Sepak Pojok mengatakan...

wahhh bener sob...rokok emang bahaya...saya juga nggk merokok...

Dhanang Arfian mengatakan...

Baru tau kalo ada roko elektrik... hahay....
salam kenal ya..... tukeran link yuk...wq

Manchester United Tech mengatakan...

wah, rokok elektrik bebahaya yah..tp untung ane gak ngerokok..wkwk

Ferdinand mengatakan...

Aku belum pernah ngerokok elektrik Sob jadi gak tau rasanya hhe... tapi kayanya rokok biasa juga bahaya deh Sob hha....... wah aku udah berhenti ngerokok dari 4 tahun lalu sih gak ikutan koment deh hhe....

Ibnu(dunia-klue) mengatakan...

Untung saya tidak merokok sob..
Saya gak mau coba rokok,takut ketagihan

etam grecek mengatakan...

klo rokok elektrik pada saat wacana saja saya sdh menolak....
kemana petani tembakau memasarkan panennya,devisa terbesar negeri ini dr rokok.jika rokok tembakau mulai kurang di konsumsi orang,sama saja kita membunuh perlahan ekonomi bangsa ini....

kalo untuk tipsnya,thanks ya kang...walaupun saya sllu mencoba untuk berhenti.tapi saya g bs,godaannya makin membuatku tepikat....(tak baik di contoh)...

oempak mengatakan...

weleeeh...itu rokok elektrik saya br tau tuh, beneran itu ada ? Saya emg bukan perokok tp ktanya ttp sama bahayanya klo kita berada di lingkungan perokok, jd dibilang perokok pasif ktanya

btw, nice template nih, dasar templatenya sama sblm akhirnya ganti warna full hitam putih nih :D

Athur Alam mengatakan...

rokok memang racun bias yang tampil menggoda namun bisa membunuh denga ganas..
tapi anehnya kenapa sampai detik ini para perokok aktif masih memiliki 9.999 alasan untuk bertahan dan enggan untuk meninggalkan kebiasannya ini?

*bergabunglah dengan kami, komunitas peduli masalah rokok untuk turut berpartisipasi dalam diskusi dan sharing kepedulian Anda.. linknya terpasang dalam blog saya, pada label : Rokok. thx

Dicky mengatakan...

Gampang k gan berhenti merokok,,yg penting niat..
Sebenarnya yg kecanduan dari rokok ini bukan dr tubuh gan,,tapi dr otak,,
Begitu pecandu rokok memikirkan rokok..dan diproses oleh otak,,saat itulah kita merasakan efek kecanduannya.. jd kl ada niat semuanya bs diatasi dgn mudah ..
Thanks atas informasinya gan.. ^^

Posting Komentar

NO SPAM NO SARA !!! Terima Kasih.

Sahabat Ane Nih